Cara mengatasi “Check Cable Connection!”

Pagi ini saya diminta bantuan oleh tetangga untuk membetulkan laptopnya. Kasusnya saat dinyalakan dan masuk ke BIOS muncul pesan error:
Check Cable Connection!
PXE-MOF: Exiting Intel PXE ROM.
No Bootable device -- insert boot disk and press any key.

Kalau disimpulkan tampaknya ada masalah pada kabel harddisk sehingga tidak bisa booting masuk Windows.Tapi dari hasil pencarian di internet dan percobaan saya saat membongkar casingnya ternyata hal ini bisa disebabkan berbagai macam faktor dan memiliki solusi yang berbeda.Dsimic / CC BY-SA 3.0 / Wikimedia Commons
Dsimic / CC BY-SA 3.0 / Wikimedia Commons
Jika anda ingin tahu kenapa hal ini terjadi, singkatnya entah kenapa harddisk anda tidak berhasil dideteksi dengan sempurna dan ini membuat BIOS mencoba booting dari urutan selanjutnya yaitu melalui jaringan. PXE adalah kode dari Boot from Network alias kartu jaringan (Network card). Jadi belum tentu ada kerusakan pada harddisk komputer anda, dan sempat berharap ini bukan error dari Windows yang hilang.
Silahkan anda coba salah satu cara berikut untuk memperbaikinya, pilih dari yang paling mudah untuk ada.
  • Paling dasar anda bisa mencoba membongkar casing komputer atau notebook anda, lepas kabel koneksi harddisk dan kemudian pasangkan kembali. Atau bisa juga dengan memindahkan pemasangan kabelnya ke slot SATA yang lain kalau tersedia.
  • Jangan lupa untuk mengecek kembali isi dari Boot Option/Order dalam BIOS. Siapa tahu bukannya menjalankan booting sistem operasi dari harddisk melainkan dari perangkat lain.
Dari pengalaman yang paling sering terjadi adalah urutan BIOS yang tiba – tiba berubah sehingga tidak ada harddisk didalamnya dan cara kedua sudah cukup untuk mengatasinya, mungkin si pengguna panik saat masuk ke menu BIOS dan asal menekan opsi – opsi yang ada.

0 Response to "Cara mengatasi “Check Cable Connection!”"

Post a Comment