TEKNIK MEMBUAT OBJEK MENJADI TRANSPARAN ( 3D BLENDER )

Sumber : Dodyanimation

Teknik membuat objek menjadi transparan dengan menggunakan tekstur ini sangatlah penting untuk di kuasai. Karena ada kalanya kita akan membuat objek yang terlihat detail namun terkendala oleh spesifikasi komputer yang minim. Seperti misalnya membuat rambut, pohon dengan daun yang sangat rimbun, atau rumput, dan lain sebagainya. dengan menggunakan teknik ini dijamin komputer anda yang memiliki keterbatasan spesifikasi tetap kuat menampilkan hasil render yang baik bahkan terkadang terlihat realis.
 Pada dasarnya dengan menggunakan tekstur ini kita melakukan trik sederhana untuk membuat objek terlihat detail. seperti pada objek rambut misalnya, disini kita hanya perlu menyiapkan objek plane yang di tata sedemikian rupa sehingga terlihat seperti rambut asli.

Cara membuat objek transparan dengan menggunakan tekstur
  1. Buka Blender. Disini saya menggunakan versi 2.7. dan saya rasa tidak ada perbedaan untuk versi yang lain.
  2. Buat sebuah objek plane (shift +A > mesh > plane)
  3. Aktifkan objek plane

  1. Buka tab material
  2. Klik Add new material

6. Berikan nama pada material “ rumput” > lalu tekan ENTER

7. Masuk ke tab TEXURE, Klik add new texture

8. Berikan nama “rumput” dan tekan Enter

9. Pada Rollout IMAGE klik OPEN
10. Cari file gambar dengan format PNG/TGA/TIF yang sudah disiapkan layer alpha didalamnya. Sebagai contoh silahkan gunakan gambar yang saya sertakan disini Klik Disini

11. Turun ke rollout INFLUENCE, nyalakan ALPHA dan biarkan nilai tetap 1

12. Sekarang pada 3D view buka tab properties (N), lalu nyalakan GLSL pada rollout shading

13. Ganti viewport shading  menjadi TEXTURE

14. Klik tab MATERIAL lagi. Nyalakan TRANSPARENCY

15. Isikan nilai alpha menjadi 0 (nol)

Yes, berhasil........

0 Response to "TEKNIK MEMBUAT OBJEK MENJADI TRANSPARAN ( 3D BLENDER )"

Post a Comment